cat ninja unblocked tipobet ko cuce istanbul escort

UPT OAIL

"Unit Pelaksana Teknis Observatorium Astronomi ITERA Lampung"

               

Bulan, Jupiter, dan Saturnus


Juli 10th, 2020 | Posted by: oail


Beberapa fenomena langit yang diabadikan berhasil menyapa penduduk Bumi dan memanjakan mata manusia terlebih lagi para pengamat langit danmenjadi jembatan bagi mereka untuk mengabadikannya. Setiap satu hari dalam setahun Bumi berada di antara Matahari dan planet sisi luar (Mars, Jupiter dan Saturnus), fenomena ini dinamakan oposisi. posisi dimana Mars, Saturnus dan Jupiter berada pada jarak terdekatnya, tepat berada di belakang Bumi.

Fenomena ini menandai waktu terbaik untuk melihat sebuah planet dalam kondisi lebih cerah seperti bintang yang tak berkedip dari Bumi dan bisa dilihat menggunakan teleskop.
Oposisi yang terjadi pada bulan Juli adalah oposisi Jupiter dan Saturnus. Tanggal 14 Juli 2020 penduduk Bumi dapat menikmati fenomena oposisi Jupiter pada pukul 15.03 WIB, 16.03 WIT, dan 17.03 WITA di Indonesia, dengan magnitudo -2,8 dan diameter tampak Jupiter saat oposisi sebesar 47,58 detik busur dengan jarak 619,2 juta km dari matahari.

Sedangkan oposisi Saturnus akan menghiasi langit pada malam 21 Juli 2020 pada 05.33 WIB, 05.00 WITA dan WIT. Oposisi Saturnus dapat teramati dari wilayah Indonesia Barat dari arah barat (tepatnya azimut 250 derajat) selama matahari belum terbit.

Foto diambil oleh: Dr. Ir. Joko Sarwono – Dosen Teknik Fisika – ITB dan ITERA
Tempat: Cigadung, Jawa Barat
Waktu: 8 Juli 2020


Tinggalkan Komentar



Bahasa

Kerjasama

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)