UPT OAIL

"Unit Pelaksana Teknis Observatorium Astronomi ITERA Lampung"

               

Bulan Sabit Tua


May 19th, 2020 | Posted by: oail


Hai Sahabat Langit!

Bulan Ramadhan sudah memasuki fase akhir. Bagi yang muslim, semoga kita dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk beribadah kepadaNya. Aamiin.

Pengamatan Bulan adalah hal yang penting bagi penggunaan kalender yang berbasis dari fase Bulan, seperti kalender Hijriyah yang digunakan oleh umat Islam. Penanggalan awal bulan hijriyah ditandai dengan terlihatnya (atau terhitung dapat terlihatnya) bulan sabit muda (hilal) pada saat Matahari tenggelam pada tanggal 29 bulan hijriyah. Jika pada tanggal 29 tersebut tidak teramati hilal, maka tanggal padda bulan hijriyah akan digenapkan menjadi 30 hari.

Ketika konjungsi terjadi, Matahari-Bulan-Bumi pada keadaan sejajar,dan Bulan memasuki fase bulan Mati. Umur bulan dihitung sejak dari terjadinya konjungsi ini.

Oleh karena itulah pengamatan hilal (fase sabit muda, setelah konjungsi) maupun bulan sabit tua (sebelum konjungsi terjadi) sangat penting karena dapat digunakan sebagai acuan batas pengamatan yang dapat dilakukan di permukaan Bumi.

Pada bulan ini, 29 Ramadhan 1441 H bertepatan pada tanggal 22 Mei 2020. Sedangkan konjungsi baru terjadi pada 23 Mei 2020 pada pukul 00.29 WIB. Sehingga pada saat terbenamnya Matahari pada tanggal 22 Mei 2020, Bulan akan terbenam terlebih dahulu daripada Matahari dan tidak dapat diamati. Kemudian pada 23 Mei 2020 ketika Matahari terbenam, umur bulan sudah mencapai lebih dari 17 jam. Untuk di Bandar Lampung dan sekitarnya, pada saat Matahari tenggelam pada pukul 17.51 WIB dan Bulan tenggelam pada pukul 18.23 WIB, kita dapat mengamatinya pada rentang waktu tersebut. Pada saat terbenam, Bulan berada pada azimut 291 derajat dan ketinggian Bulan sekitar 6,5 derajat dan elongasi mencapai 7,4 derajat. Iluminasi bulan mencapai 0,42%, sehingga akan lebih mudah teramati.

Apakah sahabat tertarik untuk mengamatinya? Yuk dicoba dan kirim gambarmu melalui email maupun dm instagram!

Berikut ini adalah foto Bulan Sabit Tua (Wanning Crescent) di langit timur yang diambil oleh salah satu dosen Teknik Fisika ITERA & ITB, Bapak Dr Ir Joko Sarwono, pada bada subuh pagi tadi (19 Mei 2020). Foto diambil dengan kamera Nikon Coolpix P1000, 3000 mm, f/8.0, ISO 1600, eksposur 1/30 detik, tanpa tripod.

Semua orang bisa berkontribusi dalam kegiatan ini. Kalian juga bisa lho karyanya ditampilkan di media sosial OAIL. Kalian bisa kirim melalui email kami di oail@itera.ac.id, jangan lupa cantumkan foto, caption, dan data pengamatannya ya. Cek juga website OAIL di iao-essecs.itera.ac.id ! [OAIL]


Tinggalkan Komentar



Languages

Partners

instagram feed

No images found!
Try some other hashtag or username

Current Moon Phase


Full Moon
Full Moon

The moon is currently in Capricorn
The moon is 14 days old

Distance: 59 earth radii
Ecliptic latitude: -1 degrees
Ecliptic longitude: 287 degrees
Joe's
Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
           
Translate ┬╗