UPT OAIL

"Unit Pelaksana Teknis Observatorium Astronomi ITERA Lampung"

               

Pengamatan Arah Kiblat di ITERA (27 Mei 2020)


May 29th, 2020 | Posted by: oail


Hai sahabat langit! Hayuk kita bereksperimen kecil dengan memanfaatkan bayangan Matahari. Salah satunya yaitu menentukan arah kiblat yang tepat. Syaratnya ketika posisi Matahari tepat berada di atas Kabah. Kapan peristiwa ini terjadi? Yup hari ini dan esok bisa loh kita bereksperimen. Tepatnya tanggal 27 & 28 Mei pukul 16.18 WIB dan 15 Juli pukul 16.26 WIB, posisi Matahari berada di atas Kabah sehingga kita dapat melakukan penentuan arah kiblat.

Kita dapat menggunakan fenomena ini untuk memeriksa arah kiblat masjid atau musholla, atau arah kiblat di rumah.

Bagaimana caranya?
Caranya cukup mudah lhoo
1. Gunakan Tongkat, bandul, atau alat dan benda lainnya yang tegak lurus dengan lantai/permukaan Bumi. Pastikan benda tersebut dapat terkena sinar Matahari dan membentuk bayangan ketika waktu yang ditentukan.
2. Ketika tanggal dan waktu Matahari di atas Ka’bah, perhatikan dan catat arah bayangan benda tersebut dengan menggunakan lakban/benda lainnya.
3. Arah kiblat searah dengan arah matahari pada waktu tersebut.
Yuk kita coba bersama-sama agar arah kiblat masjid / musholla /rumah kita menjadi benar. Selamat mencobaaa !!!

Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D., bersama tim Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) melakukan kegiatan penyesuaian arah kiblat di lingkungan ITERA, Rabu (27/5/2020). Kegiatan tersebut dilakukan dengan memanfaatkan  posisi Matahari yang berada tepat di atas Kabah, di Mekah, Arab Saudi, tepat pukul 16.18 WIB.

Penyesuaian arah kiblat juga dapat dilakukan pada tanggal 28 Mei pukul 16.18 WIB dan 15 & 16 Juli pukul 16.27 WIB. Penyesuaian arah kiblat dilakukan dengan memanfaatkan bayangan Matahari. Adapun beberapa perlengkapan yang digunakan dalam observasi tersebut adalah tongkat, bandul, atau alat dan benda lainnya yang tegak lurus dengan lantai atau permukaan Bumi. Tahap selanjutnya memastikan benda tersebut dapat terkena sinar Matahari dan membentuk bayangan ketika waktu yang ditentukan.

Ketika tanggal dan waktu Matahari di atas Ka’bah, perhatikan dan catat arah bayangan benda tersebut dengan menggunakan lakban/benda lainnya. Arah kiblat searah dengan arah matahari pada waktu tersebut. Dari pengamatan yang dilakukan tim OAIL bersama Rektor ITERA, didapatkan bahwa arah kiblat untuk daerah itera dan sekitarnya berada pada kisaran azimuth 295°


Tinggalkan Komentar



Languages

Partners

instagram feed

No images found!
Try some other hashtag or username

Current Moon Phase


Full Moon
Full Moon

The moon is currently in Capricorn
The moon is 14 days old

Distance: 59 earth radii
Ecliptic latitude: -1 degrees
Ecliptic longitude: 287 degrees
Joe's
Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
           
Translate »