UPT OAIL

"Unit Pelaksana Teknis Observatorium Astronomi ITERA Lampung"

               

Pengamatan Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019


Februari 4th, 2020 | Posted by: oail


Institut Teknologi Sumatera (ITERA) melalui Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) menyelenggarakan kegiatan Kuliah Umum dan Pengamatan Gerhana Matahari Sebagian Kamis, 26 Desember 2019 yang dilaksanakan di Aula Gedung C ITERA dan Pelataran Gedung A.
Kegiatan ini dilakukan sebagai ajang edukasi masyarakat tentang dunia astronomi.

Pengamatan yang dilakukan di pelataran Gedung A Kampus ITERA berlangsung lancar karena cuaca sangat mendukung. Masyarakat yang hadir antusias mengamati setiap fase gerhana dengan jelas menggunakan tujuh unit teleskop ataupun kacamata gerhana yang disediakan panitia.

Proses gerhana matahari sebagian diawali dengan kontak pertama kali bulan mulai menutupi matahahari pada pukul 10.37 hingga puncaknya terjadi pada pukul 12.30.Di fase puncak, pengunjung dapat menyaksikan bentuk matahari yang menyerupai sabit. Hal ini terjadi karena gerhana matahari sebagian yang dapat teramati dari Provinsi Lampung hanya 75%. Lokasi Lampung yang memiliki lintang 5 derajat lintang selatan membuat kenampakan gerhana matahari tidak bisa 100% atau menyerupai cincin.
Fenomena ini sangat penting untuk diamati dan menjadi ajang pembelajaran sains dan astronomi kepada masyarakat luas. Sehingga sebelum melakukan pengamatan UPT OAIL juga mengadakan kuliah umum membahas gerhana matahari.

Fenomena gerhana sebenarnya terjadi dua kali dalam setahun, akan tetapi ini jadi sangat langka karena baru bisa diamati dari lokasi yang sama setelah 54 tahun.
54 tahun tersebut merupakan perhitungan menggunakan Siklus Saros adalah siklus gerhana yang lamanya 18 tahun untuk satu siklus. Untuk dapat terjadi gerhana dilokasi yang sama, membutuhkan 3 kali siklus sharos atau 54 tahun.

Gerhana matahari cincin 100% dapat diamati dari beberapa kota di Indonesia, diantaranya di Kepulauan Riau, Sibolga, Sumatera Utara, dan Singkawang, Kalimantan Barat. Meski hanya dapat mengamati 75% gerhana matahari cincin, menurut Robiatul Muztaba, kesempatan ini juga tetap dapat dimanfaatkan oleh ITERA terutama OAIL dan Prodi Sains Atmosfer dan Keplanetan ITERA untuk melakukan perekaman, dan penelitian.


Tinggalkan Komentar



Bahasa

Kerjasama

instagram feed

No images found!
Try some other hashtag or username

Current Moon Phase


Full Moon
Full Moon

The moon is currently in Capricorn
The moon is 14 days old

Distance: 59 earth radii
Ecliptic latitude: -1 degrees
Ecliptic longitude: 287 degrees
Joe's
Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
           
Translate »