UPT OAIL

"Unit Pelaksana Teknis Observatorium Astronomi ITERA Lampung"

               

UPT OAIL bersama UPT MKG dan Mahasiswa Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan Mengamati Hari Tanpa Bayang-Bayang di Lampung


Maret 10th, 2020 | Posted by: oail


Pada hari Jumat, tanggal 6 Maret 2020 pukul 12.10 WIB, Matahari tepat berada di atas kota Bandar Lampung. Hal ini disebut juga dengan Kulminasi Utama, yaitu ketika Matahari berada tepat di atas suatu kota di permukaan Bumi. Kejadian ini hanya terjadi ketika Matahari melintasi meridian pengamat dan memiliki deklinasi sama dengan lintang pengamat. Pada saat hal tersebut terjadi, maka bayang-bayang dari benda yang menempel dan tegak lurus dari permukaan Bumi akan seolah-olah menghilang. Karena Bumi yang mengelilingi Matahari dan sumbu rotasi Bumi miring sebesar 23.5 derajat dari tegak lurus bidang orbit Bumi, sehingga Matahari memiliki gerak semu tahunan, yaitu terlihat perbedaan posisi Matahari per hari dari Utara ke Selatan (lihat gambar). Pada saat kulminasi utama, Matahari akan melewati sekitar zenith pengamat, atau tepat di atas kepala. Karena Matahari berada pas di atas benda. sehingga bayang-bayang akan di berada di bawah benda tersebut, dan terlihat seperti “menghilang”.
Pada jam tersebut, UPT OAIL bersama UPT MKG dan mahasiswa Program Studi Sains Atmosfir dan Keplanetan mengamati fenomena tersebut dengan menggunakan tonggak yang diletakkan pada bidang datar dan juga beberapa silinder lain, yang juga terbukti tidak memiliki bayang-bayang pada waktu tersebut.

 


Tinggalkan Komentar



Bahasa

Kerjasama

instagram feed

No images found!
Try some other hashtag or username

Current Moon Phase


Full Moon
Full Moon

The moon is currently in Capricorn
The moon is 14 days old

Distance: 59 earth radii
Ecliptic latitude: -1 degrees
Ecliptic longitude: 287 degrees
Joe's
Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
           
Translate ยป