IAO ESSECS

"Institut Teknologi Sumatera"

               

World Space Week 2019


Oktober 16th, 2019 | Posted by: oail


Dalam rangka World Space Week atau Pekan Antariksa Dunia yang diadakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Observatorium Astronomi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung (OAIL), 12-13 Oktober 2019 UPT OAIL menggadakan kegiatan Dark Sky Park. Sekitar seratus peserta mulai dari pelajar, mahasiswa, dosen dan masyarakat umum dari berbagai instansi antusias mengikuti berbagai diskusi hingga pengamatan langsung yang dipandu laboran UPT OAIL ITERA di area kampus.

Peringatan Pekan Antariksa Dunia yang diselenggarakan UPT OAIL ITERA, kali ini mengusung tema The Moon. Acara dimulai dari pukul 16.00 WIB (12 Oktober 2019) –  pukul 07.30 (13 Oktober 2019) dengan diawali dengan Pemaparan materi dan diskusi mengenai eksplorasi bulan dan luar angkasa oleh Dosen Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK) ITERA, Robiatul Muztaba, S.Si., M.Si.

Rangkaian acara selanjutnya dilanjutkan dengan praktikum dan diskusi mengenai topi Peta langit malam dan polusi cahaya yang disampaikan oleh Dosen ITERA, M.Isnaenda Ikhsan, S.Si., M.Si. Pada puncak acara seluruh peserta diajak untuk mengamati langsung bintang dalam acara berkonsep Star Party, yang dipusatkan di sekitar Embung C ITERA, dikoordinatori oleh Laboran UPT OAIL ITERA, Aditya Abdillah Yusuf, S.Si. Beberapa tenda tampak didirikan peserta yang juga bermalam di kampus ITERA. Keseruan semakin terasa, ketika setiap peserta yang ikut dapat mengamati langsung benda-benda langit menggunakan teleskop yang disediakan panitia. Dalam pengamatan langsung berbagai objek bisa teramati yaitu Bulan, Jupiter, Saturnus dan objek antariksa lainnya.

Bagi para sahabat langit yang belum berkesempatan ikut dalam acara OAIL tenang saja, akan ada pengamatan fenomena gerhana matahari pada bulan desember tahun ini.


Tinggalkan Komentar



Bahasa

Kerjasama

Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
           
Translate »